Senin, 09 Oktober 2017

KATA BAKU AND TIDAK BAKU

By Unknown di Oktober 09, 2017


Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku
Kata baku adalah kata yang sesuai dengan ejaan kaidah bahasa Indonesia. Sedangkan kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan ejaan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia ini lebih dikenal sebagai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD). Selain pedoman EYD, kamus bahasa Indonesia juga menjadi salah satu rujukan dalam penentuan baku atau tidaknya suatu kata.
Kata baku sering digunakan pada kalimat resmi ataupun percakapan resmi, misalnya pada pidato atau ketika berbicara kepada orang yang lebih dihormati. Kata tidak baku lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, misalnya dengan teman atau anggota keluarga. Kata tidak baku dapat dikenali salah satunya dari penulisannya.
Fungsi Kata Baku dan Tidak Baku
Kata baku bukan hanya ditujukan agar pembicaraan atau penulisan menjadi lebih resmi, akan tetapi terdapat fungsi lain. Fungsi kata baku dalam bahasa antara lain:
1. Pemersatu
Pemakaian kata baku penting diterapkan di seluruh wilayah Indonesia yang berupa kepulauan. Hal ini dapat membuat bahasa menjadi salah satu alat pemersatu beragam kelompok. Kekhasan dialek bahasa pada masing-masing kelompok dapat dipersatukan dengan bahasa baku sehingga menjadi satu kesatuan masyarakat bahasa Indonesia.
2. Pemberi kekhasan
Penggunaan bahasa baku menjadi pembeda dari bahasa yang lain. Dengan itu penerapan kata atau bahasa baku dapat memperkuat rasa kepribadian nasional masyarakat Indoensia.
3. Pembawa Wibawa
Penggunaan kata baku dalam bahasa Indonesia dapat memperlihatkan kewibawaan masyarakat Indonesia itu sendiri. Masyarakat yang bertutur kata dengan baik dan benar akan memperoleh wibawa dan kehormatan di mata orang lain. Dan pada akhirnya dapat membuat orang lain kagum atas bahasa Indonesia.
4. Kerangka Acuan
Kaidah dalam penggunaan kata baku menjadi tolak ukur tentang benar atau tidaknya pemakaian dan penerapan bahasa seseorang.
Fungsi kata baku lebih berkaitan dengan urusan yang berkaitan dengan bangsa, sedangkan kata tidak baku mempunyai fungsi dalam area yang lebih kecil. Kata tidak baku berfungsi dalam menciptakan kenyamanan, keakraban, dan suasana santai ketika bercengkerama atau berkomunikasi dengan keluarga dan teman.
Ciri ciri Kata Baku dan Tidak Baku
Beberapa penentuan kata baku dapat dilihat dari ciri-cirinya. Ciri ciri kata baku antara lain:
  1. Kata baku tidak dapat berubah setiap saat
  2. Tidak terpengaruh bahasa daerah
  3. Bukan bahasa percakapan sehari-hari
  4. Tidak terpengaruh bahasa asing
  5. Penggunaan kata baku sesuai dengan konteks di dalam kalimat
  6. Kata baku tidak mempunyai arti yang rancu
  7. Kata baku tidak mengandung arti pleonasme (lebih dari apa yang diperlukan)
  8. Pemakaian imbuhan pada kata baku secara eksplisit
Ciri-ciri kata tidak baku antara lain:
  1. Dapat terpengaruh bahasa daerah atau bahasa asing
  2. Terpengaruh oleh perkembangan zaman
  3. Digunakan pada percakapan santai
  4. Dapat dibuat oleh siapa saja sesuai keinginannya





1.             AKHIRULKALAM BUKAN AKHIRUL KALAM
Menurut KBBI (2008:28) akhirulkalam n ungkapan yg dipakai untuk mengakhiri surat, uraian, atau pidato, dsb; kata penutup.
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional. 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
2.             AKI BUKAN ACCU
Menurut KBBI (2008:28) aki n alat penghimpun tenaga listrik (dipakai di mesin mobil dsb).
Sedangkan menurut Purba (2006) Aki atau Storage Battery adalah sebuah sel atau elemen sekunder dan merupakan sumber arus listrik searah yang dapat mengubah energy kimia menjadi energy listrik. Aki termasuk elemen elektrokimia yang dapat mempengaruhi zat pereaksinya, sehingga disebut elemen sekunder. Kutub positif aki menggunakan lempeng oksida dan kutub negatifnya menggunakan lempeng timbale sedangkan larutan elektrolitnya adalah larutan asam sulfat.
Ketika aki dipakai, terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan endapat pada anode (redquksi) dan katode (oksidasi). Akibatnya, dalam waktu tertentu antara anode dan katode tidak ada beda potensial, artinya aki menjadi kosong.
Supaya aki dapat dipakai lagi, harus diisi dengan cara mengalirkan arus listrik kea rah yang berlawanan dengan arus listrik yang dikeluarkan aki itu. Ketika aki diisi akan terjadi pengumpulan muatan listrik.
Pengumpulan jumlah muatan listrik dinyatakan dalam ampere jam disebut tenaga aki. Pada kenyataannya, pemakaian aki tidak dapat mengeluarkan seluruh energy yang tersimpan aki itu. Oleh karenanya, aki mempunyai rendemen atau efisiensi.
Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll.
Pada mobil yang masih menggunakan teknologi lama, jenis Accu yang banyak digunakan adalah jenis lead-acid (accu basah). Accu jenis ini komponennya merupakan gabungan dari beberapa lempengan timbal (Pb) dan lempengan oksida (PbO2), yang direndam dalam larutan elektrolit yang terdiri dari 35% asam sulfat (H2SO4) dan 65% air (H2O). Accu mobil pada umumnya menyediakan tegangan sebesar 12 volt. Tegangan ini didapat dengan cara menghubungkan enam sel galvanik. Accu tidak lagi bisa menyimpan arus listrik, berarti Accu sudah mulai rusak (soak). Biasanya ditandai dengan bunyi klakson yang melemah, lampu tidak terang, waktu starter mesin jadi lebih panjang, bahkan tidak lagi bisa menggerakkan starter. secara “seri”. Setiap sel menyediakan 2,1 volt, jadi apabila di charge penuh, akan menghasilkan 2,1 volt x 6 sel = 12,6 volt.
Kondisi Accu, dapat diukur dengan suatu alat yang men-simulasikan besar beban yang masih mampu diterima oleh accu, atau dengan cara sederhana dengan menggunakan Battery Hydrometer. Cara penggunaan Hydrometer adalah dengan mencelupkan ujung alat ini pada air Accu, kemudian menyedotnya.
Pada saat Accu disetrum (recharge), cairan elektrolit akan bereaksi dengan material pada lempengan, dan merubah permukaannya menjadi lead sulphate. Pada saat Accu digunakan (discharge), akan terjadi reaksi terbalik, yaitu lead sulphate akan kembali berubah menjadi bentuk semula yaitu lead oxide dan lead.
Jika mobil digunakan, proses ini akan berulang terus menerus. Tetapi proses ini tidaklah sempurna, karena ada deposit yang terbentuk. Semakin lama, lapisan deposit Sulfat akan semakin tebal dan akan mengurangi performanya. Pada ketebalan tertentu, deposit ini akan membuat accu tidak lagi bisa recharge, dan accu harus diganti
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Purba M, 2006. KIMIA 3. Jakarta. Penerbit Erlangga.
3.             AKSEPTOR BUKAN ASEPTOR
Menurut KBBI (2008:30-31) akseptor /akséptor/ n 1 Dag orang yg membayar jumlah wesel; 2 orang yg menerima serta mengikuti (melaksanakan) program keluarga berencana.
Selanjutnya Pengertian KB Menurut Hartanto (2003) Keluarga Berencana adalah tindakan yang membantu individu atau pasangan suami isteri untuk mendapatkan objektif-objektif tertentu, menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, mendapatkan kelahirkan yang memang diinginkan, mengatur interval diantara kehamilan, mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan usia suami isteri, dan menentukan jumlah anak dalam keluarga. Keluarga Berencana jika diartikan secara umum adalah suatu usaha yang mengatur banyaknya jumlah kelahiran sedemikian rupa sehingga bagi ibu maupun bayinya dari ayah serta keluarganya ataupun masyarakat yang bersangkutan tidak akan menimbulkan kerugian sebagai akibat langsung dari kelahiran tersebut (FK UNPAD).
Sedangkan menurut (Wiknjosastro, 1999) Kontrasepsi adalah usaha-usaha mencegah kehamilan. Usaha-usaha itu dapat bersifat sementara dan dapat juga dapat bersifat permanen. Sampai sekarang cara kontrasepsi yang ideal belum ada. Kontrasepsi ideal itu harus dapat dipercaya, tidak menimbulkan efek yang mengganggu kesehatan, daya kerjaya dapat diatur menurut kebutuhan, tidak menimbulkan gangguan saat melakukan coitus, tidak memerlukan motivasi terus-menerus, mudah pelaksanaannya, murah harganya sehingga dapat 7 dijangkau oleh lapisan masyarakat dan dapat diterima penggunannya oleh pasangan yang bersangkutan.
Selanjutnya menurut (Prawirohardjo, 2002) Pengertian secara khusus dari kontrasepsi adalan upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan, upaya tersebut dapat bersifat sementara, dapat pula bersifat permanent. Penggunaan kontrasepsi merupakan salah satu variabel yang mempengaruhi fertilitas.
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Hartanto. 2003. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Wiknjosastro, H. Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 1999.
Prawirohardjo, Sarwono. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
4.             AKSESORI BUKAN ASESORI
Menurut KBBI (2008:31) aksesori /aksésori/ n 1 hiasan, biasanya untuk wanita; 2 barang tambahan sbg pelengkap (dl mobil pribadi, kendaraan umum, dsb): video merupakan -- di busbus eksekutif.
Dalam dunia busana, aksesori (atau aksesoris) adalah benda-benda yang dikenakan seseorang untuk mendukung atau menjadi pengganti pakaian. Bentuk aksesori bermacam-macam dan banyak di antaranya terkait dengan peran gender pemakainya. Aksesori dalam bahasa Indonesia hampir selalu berarti fashion accessory dalam penggunaan dalam bahasa Inggris.
Jenis aksesori bermacam-macam, seperti perhiasan (anting-anting atau giwang, kalung, gelang, bros), selendang, sabuk, suspender, dasi, syal, sarung tangan, sapu tangan, tas, topi, arloji, kacamata, dan pin. Busana tradisional memiliki aksesori khas yang biasanya dikenakan sebagai perlambang tertentu, seperti destar, sindur, tusuk konde, kembang goyang, dan keris. (https://id.wikipedia.org/wiki/Aksesori)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Wikipedia. (2015). Aksesori. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Aksesori. [Diakses 24 Juni 2015].
5.             ACTUAL BUKAN  AKTUAL
Secara sederhana peristiwa aktual berarti peristiwa yang baru atau  yang sedang terjadi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:32) , kata peristiwa mengandung pengertian kejadian yang benar-benar terjadi. Sedangkan kata aktual berarti betul-betul ada, yang sedang menjadi pembicaraan orang banyak (berita mengenai suatu peristiwaatau masalah hangat).
Sedangkan Menurut Kochhar (2008) peristiwa aktual adalah sejarah yang sedang berlangsung, yang berisi permasalahan dan isu terkini dengan dua wajah yang mengarah ke masa lalu dan ke masa depan Jadi dapat disimpulkan bahwa peristiwa aktual dapat diartikan sebagai kejadian nyata yang menjadi topik hangat dan sedang menjadi pembicaraan orang banyak.
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Jakarta: PT Grasindo.

6.             AKUADES BUKAN AQUADES
Menurut KBBI (2008:32) akuades /akuadés/ n Fis air hasil proses penyulingan; air murni; air suling.
Sedangkan menurut (Sarjoni, 2003:241) Aquades disebut juga Aqua Purificata (air murni) H2O dengan. Air murni adalah air yang dimurnikan dari destilasi. Satu molekul air memiliki dua hidrogen atom kovalen terikat untuk satu oksigen. Aquades merupakan cairan yang jernih, tidak berwarna dan tidak berbau. Aquades juga memiliki berat molekul sebesar 18,0 g/mol dan PH antara 5-7. Rumus kimia dari aquades yaitu H2O. Aquades ini memiliki allotrop berupa es dan uap. Senyawa ini tidak berwarna, tidak berbau dan tidak meiliki rasa. Aquades merupakan elektrolit lemah. Air dihasilkan dari pengoksidasian hidrogen dan banyak digunakan sebagai bahan pelarut bagi kebanyakan senyawa.



DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Sarjoni, 2003. Kamus Kimia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
7.             ALFA BUKAN ALPHA
Menurut KBBI (2008:40) alfa n huruf pertama dl abjad Yunani; huruf kecil.
Selanjunta menurut Madonna (2009) Alfa (α atau Α) Alfa atau Alpha (huruf besar: Α, huruf kecil: α. merupakan huruf Yunani yang pertama. Dalam sistem bilangan Yunani alpha mempunyai nilai 1) dan Omega (ω atau Ω Omega atau ὦ μέγα (huruf besar Ω; huruf kecil ω) adalah huruf ke-24 dalam abjad Yunani. Huruf ini dalam bahasa Yunani Klasikmelambangkan fonem /ɔː/) adalah huruf-huruf pertama dan terakhir dalam alfabet Yunani yang merupakan sebutan bagi Yesus Kristus atau Allah dalam kitab Wahyu kepada Yohanes. Pasangan huruf ini digunakan sebagai simbol Kristen dan sering dikombinasi dengan tanda salib, Chi-rho, atau simbol-simbol Kristiani yang lain.
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Gauding, Madonna (2009). The signs and symbols bible : the definitive guide to mysterious markings. New York, NY: Sterling Pub. Co. p. 84.ISBN 9781402770043.

8.             ALIAH BUKAN ALIYAH
Menurut KBBI (2008:43) aliyah n Dik sekolah agama Islam tingkat menengah atas.
Sekolah Menengah Atas (disingkat SMA; bahasa Inggris: Senior High School atau High School), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.
Pada saat pendaftaran masuk SMA yang menggunakan sistem online, siswa dapat memilih sekolah yang diinginkan dan memilih jurusan yang diminati. Pada akhir tahun ketiga (yakni kelas 12), siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan SMA dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja.
Pelajar SMA umumnya berusia 16-18 tahun. SMA tidak termasuk program wajib belajar pemerintah - yakni SD (atau sederajat) 6 tahun dan SMP (atau sederajat) 3 tahun - maskipun sejak tahun 2005 telah mulai diberlakukan program wajib belajar 12 tahun yang mengikut sertakan SMA di beberapa daerah, contohnya di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.
SMA diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan SMA negeri di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, SMA negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota. (https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_atas)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Wikipedia. (2017). Sekolah menengah atas. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_atas. [Diakses 26 Januari 2017].
9.             ALMARI BUKAN LEMARI
Menurut Haryanto, Eko. (2004: 17) mengatakan kata furnituree berasal dari bahasa Prancis fourniture yang artinya perabotan rumah tangga. Fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya furnish atau perabot rumah atau ruangan. Walaupun mebel dan furnituree punya arti yang beda, tetapi yang ditunjuk sama yaitu meja, kursi, lemari, dan seterusnya.Dalam kata lain, mebel atau furnituree adalah semua benda yang ada di rumah dan digunakan oleh penghuninya untuk duduk, berbaring, ataupun menyimpan benda kecil seperti pakaian atau cangkir.
Lemari atau almari merupakan salah satu produk mebel yang biasanya berukuran relatif besar yang dapat digunakan untuk menyimpan aneka barang. Menurut KBBI III, lemari adalah peti besar yang memiliki pintu/berpintu, tempat menyimpan sesuatu barang (seperti buku, pakaian). (https://id.wikipedia.org/wiki/Lemari)
DAFTAR RUJUKAN
Haryanto, Eko. 2004. Ragam Hias Kursi Kayu Tungal Jawa tengah abad ke 17-20. Tesis ProgramStudi Desain, Institut Teknologi Bandung.Bandung: ITB.
Wikipedia. (2016). Lemari. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Lemari. [Diakses 26 September 2016]

10.         ALPA BUKAN ALFA
Menurut KBBI (2008:45) alpa a 1 lalai dl kewajiban; 2 kurang memperhatikan; kurang mengindahkan; lengah: kamu jangan sampai -- mengerjakan tugas sekolah; 3 bolos sekolah, tidak masuk sekolah tanpa alasan yg jelas; mengalpakan v melalaikan; melupakan: ~ pekerjaan; ~ kewajiban; teralpa a lali; lengah; kealpaan n kelalaian; kelengahan: harap memaafkan ~ku. DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

11.         ALQURAN BUKAN QUR'AN
Menurut KBBI (2008:45) Alquran n firman-firman Allah yg diturunkan kpd Nabi Muhammad saw. dng perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sbg petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia; Kitab suci umat Islam.
Sedangkan menurut Aminudin (2005:45) Kata Al-Qur’an menurut bahasa mempunyai arti yang bermacam-macam, salah satunya adalah bacaan atau sesuatu yang harus di baca, dipelajari.
Adapun menurut M. Quraish Shihab (2008:13) istilah para ulama berbeda pendapat dalam memberikan definisi terhadap Al-Qur’an. Ada yang mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah kalam Allah yang bersifat mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Jibril dengan lafal dan maknanya dari Allah SWT, yang dinukilkan secara mutawatir; membacanya merupakan ibadah; dimulai dengan surah al-Fatihah dan diakhiri dengan surah an-Nas.
Al-Qur'an (/kɔːrˈɑːn/ kor-AHN; bahasa Arab: القرآن al-Qurʾān; Alquran secara harfiah berarti "bacaan"; juga diromanisasikan sebagai Qur'an atau Koran) adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Tuhan, (bahasa Arab: الله, yakni Allah) kepada Nabi Muhammad Description: S.A.WKitab ini dikenal luas dan dihormati sebagai sebuah karya seni sastra bahasa Arab terbaik di dunia.Kitab ini terbagi kedalam beberapa bab (dalam bahasa Arab disebut “surah”) dan setiap surahnya terbagi kedalam beberapa sajak (‘'ayat).
Umat Muslim percaya bahwa Al-Qur'an di firmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad Description: S.A.Wmelalui Malaikat Jibril, berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun, di mulai sejak tanggal 17 Ramadan,  saat Nabi Muhammad berumur 40 tahun hingga kematiannya di tahun 632.Umat Muslim menghormati Al-Qur'an sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad, sebagai salah satu tanda dari kenabian, dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad. Kata "Quran" disebutkan sebanyak 70 kali di dalam Al-Qur'an itu sendiri.
Menurut sejarah beberapa sahabat Nabi Muhammad memiliki tanggung jawab menuliskan kembali wahyu Allah berdasarkan apa yang telah para sahabat hapalkan. Segera setelah Nabi Muhammad wafat, para sahabat segera menyusun dan menuliskan kembali hapalan wahyu mereka. Penyusunan kembali Al-Qur'an ini diprakarsai oleh Khalifah Utsman bin Affan untuk membuat sebuah penyusunan resmi yang disebut susunan Utsman, dengan biasanya mempertimbangkan pola dasar Al-Qur'an saat ini.
Al-Qur’an menjelaskan sendiri bahwa isi dari Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Terkadang juga dapat berisi cerita mengenai kisah bersejarah, dan menekankan pentingnya moral. Al-Qur’an digunakan bersama dengan hadits untuk menentukan hukum syari'ah. Saat melaksanakan Salat, Al-Qur’an dibaca hanya dalam bahasa Arab.
Seseorang yang menghapal isi Al-Qur'an disebut Hafiz. Beberapa umat Muslim membacakan Al-Qur’an dengan bernada, dan peraturan, yang disebut tajwid. Saat bulan suci Ramadan, biasanya umat Muslim melengkapi hapalan Al-Qur’an mereka saat melakasanakan salat tarawih. Untuk memperkirakan kemungkinan arti lain dalam Al-Qur’an, umat Muslim menggunakan rujukan yang disebut tafsir. (https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Aminudin, et. all., Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2005), hal. 45.
M. Quraish Shihab, et. all., Sejarah dan Ulum Al-Qur‟an, (Jakarta: Pusataka Firdaus, 2008), hal. 13.
Wikipedia. (2017). Al-Qur'an. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an. [Diakses 18 Maret 2017].
12.         AMBEIEN BUKAN AMBEYEN
Menurut KBBI (2008:50) ambeien /ambéien/ n pembengkakan uraturat pd ujung pelepasan; wasir.
Sedangkan menurut (Murbawani, 2006) Hemorrhoid atau lebih dikenal dengan nama wasir atau ambeien, bukan merupakan suatu keadaan yang patologis (tidak normal), namun bila sudah mulai menimbulkan keluhan, harus segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Hemorrhoid dari kata ''haima'' dan ''rheo''. Dalam medis, berarti pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) di dalam pleksus hemorrhoidalis yang ada di daerah anus. Dibedakan menjadi 2, yaitu hemorrhoid interna dan hemorrhoid eksterna yang pembagiannya berdasarkan letak pleksus hemorrhoidalis yang terkena.
Selanjutnya menurut Underwood (Patologi F.K.UI, 1999) Hemorrhoid merupakan gangguan sirkulasi darah yang berupa pelebaran pembuluh (dilatasi) vena. Pelebaran pembuluh vena yang terjadi di daerah anus sering terjadi. Pelebaran tersebut disebut venecsia atau varises daerah anus dan perianus. Pelebaran tersebut disebabkan oleh bendungan darah dalam susunan pembuluh vena. Pelebaran pembuluh vena di daerah anus sering disebut wasir, ambeien atau hemorrhoid. Hemorrhoid dapat dibagi atas hemorrhoid interna dan hemorrhoid eksterna. Hemorrhoid dapat disebabkan karena bendungan sentral seperti bendungan susunan portal pada sirosis hepatic, herediter atau penyakit jantung koroner, serta pembesaran kelenjar prostate pada pria tua, atau tumor pada rektum.
Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.
Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai "wasir" dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.
Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif. Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami wasir suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik. (https://id.wikipedia.org/wiki/Wasir)


DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Murbawani, E.A, 2006. “Wasir Karena Kurang Serat”, www. suaramerdeka. com.
Underwood, J.C.E, 1999, “Patologi Umum dan Sistemik”, Volume 2, Edisi 2, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, hal. 468, 492.
Wikipedia. (2017). Wasir. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Wasir. [Diakses 01 Januari 2017]
13.         AMBIN BUKAN AMBEN
Menurut KBBI (2008:51) ambin n kain (tali dsb) pengikat anak (barang dsb) yg digendong; berambin (lutut) v duduk dng tangan disengkelitkan di muka lutut; mengambin v menggendong atau mendukung dng ambin; ambinan n barang yg diambin; gendongan.
Balai-balai/ba·lai-ba·lai/ n tempat duduk atau tempat tidur yang dibuat dari bambu atau kayu (http://kbbi.web.id/balai-balai)
Ranjang atau tempat tidur adalah suatu mebel atau tempat yang digunakan sebagai tempat tidur atau beristirahat. Sepanjang sejarah, ranjang telah berkembang dari jenis yang sederhana, seperti kasur yang diisi jerami sampai perlengkapan mewah yang didekorasi dengan kain-kain. Seperti berbagai jenis furnitur lain, ranjang seringkali dipandang sebagai simbol kelas sosial dan kekayaan.
Sebagian besar ranjang moderen terdiri atas kerangka-kerangka besi atau kayu (bedstead). Aksesori untuk ranjang yang ditambahkan adalah kasur untuk kenyamanan, kain penutup (sheet), selimut, dan bantal. Ranjang dapat pula berfungsi sebagai furnitur lain, misalnya menjadi sofa pada saat tidak digunakan. Isi dari kasur dapat berupa jerami, bulu, kapas dan pengisi buatan. Kebanyakan kasur modern menggunakan pegas, busa keras, air, atau udara.
Di sebelah bawah kasur, biasanya adalah kotak pegas (box spring). Kotak ini adalah kotak seukuran kasur yang terbuat dari kayu dan pegas yang memberikan dukungan tambahan dan suspensi untuk kasur. Lapisan selanjutnya biasanya adalah rangka ranjang yang menyokong kasur atau kotak per di atas di tanah.(https://id.wikipedia.org/wiki/Ranjang)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Setiawan, Ebta. (2012). Balai-balai. [Online]. Tersedia: http://kbbi.web.id/balai-balai. [Diakses 2012]
Wikipedia. (2017). Ranjang. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Ranjang. [Diakses 30 Januari 2017]
14.         AMBULANS BUKAN AMBULAN
Menurut KBBI (2008:52) ambulans n mobil khusus untuk pengangkut orang sakit.
Ambulans adalah kendaraan yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit atau korban kecelakaan. Istilah "Ambulans" digunakan untuk menerangkan kendaraan yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit lain untuk perawatan lebih lanjut. Secara eksterior, kendaraan ini dilengkapi dengan sirene dan lampu rotator darurat (biasanya berwarna merah atau merah biru) agar dapat menembus kemacetan lalu lintas.
Kendaraan ini merupakan salah satu prioritas di lalu lintas selain Pemadam kebakaran yang memiliki hak untuk melanggar peraturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah, melawan arah, dan melalui lajur bahu jalan, dan sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Perlalulintasan bahwa kendaraan seperti Ambulans dan kendaraan gawat darurat yang lainnya harus diberi kenyamanan dan diberi lintasan untuk di jalan raya guna menyelamatkan nyawa.
Di Indonesia, Ambulans biasanya berasal dari macam-macam instansi, seperti Ambulans Rumah sakit pemerintah atau swasta, Ambulans Paramedis, Ambulans PMI, Ambulans Puskesmas, Ambulans Pemadam kebakaran, Ambulans Klinik, dan Ambulans SAR/Basarnas. Di negara-negara maju bahkan ada Ambulans Helikopter dan Ambulans Pesawat untuk umum.
Tulisan "AMBULANCE" yang terbalik di depan kendaraan ini tujuanya agar pengemudi kendaraan didepan ambulans bisa membaca tulisan "Ambulance" dari kaca spion untuk bisa memberi laluan di jalan.(https://id.wikipedia.org/wiki/Ambulans)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Wikipedia. (2017). Ambulans. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Ambulans. [Diakses 21 Januari 2017]

15.         AMENDEMEN BUKAN AMANDEMEN
Menurut KBBI (2008:52) amendemen /amendemén/ n usul perubahan rancangan undang-undang yg dibicarakan dl Dewan Perwakilan Rakyat dsb: hak –.
Menurut Sujatmiko dalam Ferdi, amandemen yang pokok itu tidak serampangan dan merupakan hal yang serius. Konstitusi itu merupakan aturan tertinggi bernegara. Beliau berpendapat bahwa konstitusi di negara kita belum sepenuhnya sempurna. Jika ingin menyempurnakan konstitusi satu-satunya pilihan ialah amandemen. Dari beberapa referensi di atas amandemen haruslah dipahami sebagai penambahan, atau perubahan pada sebuah konstitusi yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari naskah aslinya, dan diletakkan pada dokumen yang bersangkutan. Pemahaman lebih lanjut adalah amandemen bukan sekedar menyisipkan kata-kata atau perihal baru dalam teks. Di sisi lain, amandemen bukan pula penggantian. Mengganti berarti melakukan perubahan total dengan merumuskan konstitusi baru mencakup hal-hal mendasar seperti mengganti bentuk negara, dasar negara, maupun bentuk pemerintahan. Dalam amandemen UUD 1945 kiranya jelas bahwa tidak ada maksud-maksud mengganti dasar negara Pancasila, bentuk negara kesatuan, maupun bentuk pemerintahan presidensiil. Salah satu bentuk komitmen untuk tidak melakukan perubahan terhadap hal-hal mendasar diatas adalah kesepakatan untuk tidak melakukan perubahan atas Pembukaan UUD 1945. Dari penjelasan tersebut jelas bahwa yang harus mendasari Amandemen UUD 1945 adalah semangat menyempurnakan, memperjelas, memperbaiki kesalahan, dan melakukan koreksi terhadap pasal-pasal yang ada, tanpa harus melakukan perubahan terhadap hal-hal yang mendasar dalam UUD 1945 itu sendiri.  (http://roisferdinansyah.blogspot.co.id/2016/01/makalah-pancasila-amandemen-uud-1945.html.)
Amendemen adalah perubahan resmi dokumen resmi atau catatan tertentu, terutama untuk memperbagusnya. Perubahan ini dapat berupa penambahan atau juga penghapusan catatan yang salah, tidak sesuai lagi. Kata ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada perubahan pada perundang-undangan sebuah negara (amendemen konstitusional). Konstitusional merupakan prinsip-prinsip dasar politik serta hukum yang mencangkup struktur , prosedur, serta kewenangan/hak serta kewajiban. Karena itu, konstitusional sangat berhubungan erat dengan amendemen karena bertujuan untuk memperbaiki suatu catatan/dokumen penting suatu negara yang mencangkup bentuk, struktur, prosedur, agar lebih baik dari sebelumnya.(https://id.wikipedia.org/wiki/Amendemen)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Ferdi, Rois. (2016). Makalah pancasila : amandemen uud 1945. [Online]. Tersedia:http://roisferdinansyah.blogspot.co.id/2016/01/makalah-pancasila-amandemen-uud-1945.html. [Diakses 16 Januari 2016]
Wikipedia. (2017). Amendemen. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Amendemen. [Diakses 23 Januari 2017]
16.         AMIRULHAJI BUKAN AMIRULHAJI
Menurut KBBI (2008:54) amirulhaji adalah yang memimpin jamaah haji.
Amirul Hajj merupakan elemen tertinggi dalam unsur penyelenggaraan ibadah sekaligus strategis, karena memegang peranan penting dalam hal kebijakan secara keseluruhan, Selain itu Amirul Hajj juga bertugas dalam menjaga kelestarian nilai-nilai haji dalam kaitannya dengan sosial kemasyarakatan. (http://www.antaranews.com/berita/514498/ini-12-orang-amirul-hajj-pada-musim-haji-tahun-2015)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Antaranews. (2017). Amirul Hajj . [Online]. Tersedia: http://www.antaranews.com/berita/514498/ini-12-orang-amirul-hajj-pada-musim-haji-tahun-2015. [Diakses 11 Mei 2017]
17.         AMPERE BUKAN AMPER
Menurut KBBI (2008:55) ampere /ampére/ n 1 satuan ukuran arus listrik; 2 alat untuk mengukur kekuatan arus listrik.
Dalam fisika, ampere dilambangkan dengan A, adalah satuan SI untuk arus listrik yang sering dipendekkan menjadi amp. Satu ampere adalah suatu arus listrik yang mengalir dari kutup positif ke kutup negatif, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 2 × 10-7 newton per meter. Satuan ini diambil dari nama André-Marie Ampère, salah satu penemu elektromagnetisme. (https://id.wikipedia.org/wiki/Ampere)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Wikipedia. (2017). Ampere. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Ampere. [Diakses 23 Januari 2017]

18.         ANALISIS BUKAN ANALISA
Menurut KBBI (2008:60-61) analisa ĺ analisis analisis n 1 penyelidikan thd suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yg sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb); 2 Man penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yg tepat dan pemahaman arti keseluruhan; 3 Kim penyelidikan kimia dng menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat-zat bagiannya dsb; 4 penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya; 5 proses pemecahan persoalan yg dimulai dng dugaan akan kebenarannya;
Sedangkan menurut Harahap (2004: 189) pengertian Analisis adalah “Memecahkan atau menggabungkan sesuatu unit menjadi berbagai unit terkecil.”Dari pengertian di atas, dapat dikatakan bahwa analisis adalah penguraian dan penelaahan bagian/suatu unit beserta hubungannya untuk memecahkan unit tersebut menjadi unit terkecil dan memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
Dalam linguistik, analisis atau analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Sedangkan pada kegiatan laboratorium, kata analisis atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan. Namun, dalam perkembangannya, penggunaan kata analisis atau analisis mendapat sorotan dari kalangan akademisis, terutama kalangan ahli bahasa. Penggunaan yang seharusnya adalah kata analisis. hal ini dikarenakan kata analisis merupakan kata serapan dari bahasa asing (inggris) yaitu analisys. Dari akhiran -isys bila diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi -isis. Jadi sudah seharusnya bagi kita untuk meluruskan penggunaan setiap bahasa agar tercipta praktik kebahasaan yang baik dan benar demi tatanan bangsa Indonesia yang semakin baik.(https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Harahap, Sofyan Safri. 2004. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wikipedia. (2016). Analisis. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis. [Diakses 07 Desember 2016]


19.         ANDAL BUKAN HANDAL
Menurut KBBI (2008:63) andal v, mengandalkan menaruh kepercayaan kpd; menjamin akan kesanggupan, kekuatan, atau kemampuannya: saya tidak ~ dia; andalan n 1 orang kepercayaan yg dapat diserahi tanggung jawab; 2 tanggungan; jaminan; 3 harapan; tumpuan harapan: dia merupakan ~ regu bulu tangkis Indonesia.
cakap/ca·kap/ a 1 kl sanggup melakukan sesuatu; mampu; dapat: -- engkau membunuh hulubalang itu?; patik tiada -- bercerai dengan dia; 2 pandai; mahir: anak itu belum -- mengerjakan hitungan perkalian; 3 mempunyai kemampuan dan kepandaian untuk mengerjakan sesuatu: ia diberhentikan dari jabatannya karena tidak --; 4 bagus rupanya; cantik; rupawan: gadis itu modern lagi --; 5 bagus; elok (potongan atau halus bahannya tentang pakaian dan sebagainya): alangkah -- nya baju itu; 6 patut; serasi: ia pantas dan -- benar memakai baju itu; 7 Mk tangkas; cekatan (tidak lamban): tampaknya ia -- bekerja;
bercakap/ber·ca·kap/ kl v mempunyai kemampuan atau keberanian melakukan sesuatu; berkuasa: seorang pun tiada ~ naik pohon nyiur itu; inilah prajurit yang ~ mencuri keris laksamana;
mempercakap/mem·per·ca·kap/ v menjadikan lebih cakap (mampu, mahir): kita harus berusaha ~ anak-anak agar dapat melahirkan isi hatinya dengan tepat;
mempercakapkan/mem·per·ca·kap·kan/ v mempercakap;
kecakapan /ke·ca·kap·an /n 1 kemampuan; kesanggupan; 2 kepandaian atau kemahiran mengerjakan sesuatu. (http://kbbi.web.id/cakap)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Setiawan, Ebta. (2012). Cakap. [Online]. Tersedia: http://kbbi.web.id/cakap. [Diakses 2012]
20.         ANESTESI BUKAN ANESTHESIA
Menurut KBBI (2008:65) anestesi /anéstési/ n kehilangan rasa atau kesadaran krn pembiusan.
Sedangkan menurut (Munaf, 2008) anestesi berarti suatu keadaan dengan tidak ada rasa nyeri. Anestesi umum ialah suatu keadaan yang ditandai dengan hilangnya persepsi terhadap semua sensasi akibat induksi obat. Dalam hal ini,selain hilangnya rasa nyeri, kesadaran juga hilang. Obat anestesi umum terdiri atas golongan senyawa kimia yang heterogen, yang mendepresi SSP secara reversibel dengan spektrum yang hampir sama dan dapat dikontrol. Obat anastesi umum dapat diberikan secara inhalasi dan secara intravena. Obat anastesi umum yang diberikan secara inhalasi (gas dan cairan yang mudah menguap) yang terpenting di antaranya adalah N2O, halotan, enfluran, metoksifluran, dan isofluran. Obat anastesi umum yang digunakan secara intravena, yaitu tiobarbiturat, narkotik-analgesik, senyawa alkaloid lain dan molekul sejenis, dan beberapa obat khusus seperti ketamin.
Anestesi (pembiusan; berasal dari bahasa Yunani an-"tidak, tanpa" dan aesthētos, "persepsi, kemampuan untuk merasa"), secara umum berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Istilah anestesi digunakan pertama kali oleh Oliver Wendel Holmes Sr pada tahun 1846. (https://id.wikipedia.org/wiki/Anestesi)
DAFTAR RUJUKAN
Dapartemen pendidikan nasional, 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Munaf, S., 2008. Kumpulan Kuliah Farmakologi. Palembang: EGC.
Wikipedia. (2017). Anestesi.  [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Anestesi. [Diakses 05 April 2017]




















0 komentar:

Posting Komentar

Pages

 

MBAK EKA IDRIS 1922 Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos