Senin, 09 Oktober 2017

MAKALAH BAHASA DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

By Unknown di Oktober 09, 2017


BAHASA DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Konsep Dasar Bahasa Indonesia



Dosen Pengampu: Dwi Viora,S.Pd, M.Pd.
 









Oleh:
EKA FITRIANI
NO ABSEN
1686206076
11







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
2016

DAFTAR ISI
                                                                                                                       
Judul ...................................................................................................... i                  
Daftar Isi............................................................................................... ii                  
BAB I  PENDAHULUAN.................................................................. 1
A.           Latar Belakang Masalah..................................................... 1                  
B.            Rumusan Masalah.............................................................. 2
C.            Tujuan Penulisan................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN.................................................................... 3
A.           Pentingnya Bahasa ............................................................ 3        
B.            Kedudukan dan Fungsi Bahasa ........................................ 4

BAB III  PENUTUP .......................................................................... 8

A.           Simpulan ............................................................................ 8
B.            Saran .................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................ 9






KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat yang telah dilimpahkan-Nya kepada Penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Adapun pokok bahasan yang dikaji dalam makalah ini adalah tentang ” Bahasa Dan Perkembangan Bahasa Indonesia” yang bertujuan untuk melengkapi tugas mata kuliah konsep dasar bahasa Indonesia.
Penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini masih terdapat berbagai kekurangan dan kesilapan baik dalam hal penulisan maupun isi. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca sekalian yang bersifat membangun yang bisa menjadi bahan acuan dan pertimbangan bagi penulis untuk kesempurnaan makalah ini dikemudian harinya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Bangkinang, 22 Desember 2016



Eka Fitriani



BAB I
PENDAHULUAN


A.           Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang disampaikan seseorang kepada orang lain agar bisa mengetahui apa yang menjadi maksud dan tujuannya. Pentingnya bahasa sebagai identitas manusia, tidak bisa dilepaskan dari adanya pengakuan manusia terhadap pemakaian bahasa dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Untuk menjalankan tugas kemanusiaan, manusia hanya punya satu alat, yakni bahasa. Dengan bahasa, manusia dapat mengungkapkan apa yang ada di benak mereka. Sesuatu yang sudah dirasakan sama dan serupa dengannya, belum tentu terasa serupa, karena belum terungkap dan diungkapkan. Hanya dengan bahasa, manusia dapat membuat sesuatu terasa nyata dan terungkap.
Bahasa merupakan salah satu unsur identitas nasional. Bahasa dipahami sebagai sistem perlambangan yang secara arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan digunakan sebagai sarana berinteraksi manusia. Di Indonesia terdapat beragam bahasa daerah yang mewakili banyaknya suku-suku bangsa atau etnis.
Setelah kemerdekaan, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia dahulu dikenal dengan bahasa melayu yang merupakan bahasa penghubung antar etnis yang mendiami kepulauan nusantara. Selain menjadi bahasa penghubung antara suku-suku, bahasa melayu juga menjadi bahasa transaksi perdagangan internasional di kawasan kepulauan nusantara yang digunakan oleh berbagai suku bangsa Indonesia dengan para pedagang asing.
Pada tahun 1928 bahasa melayu mengalami perkembangan yang luar biasa. Pada tahun tersebut para tokoh pemuda dari berbagai latar belakang suku dan kebudayaan menetapkan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan Indonesia, keputusan ini dicetuskan melalui sumpah pemuda. Dan baru setelah kemerdekaan Indonesia tepatnya  pada tanggal 18 Agustus Bahasa Indonesia diakui secara Yuridis.

B.            Rumusan Masalah
1.             Bagaimana pentingnya bahasa Indonesia?
2.             Bagaimana kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia?

C.           Tujuan Penulisan
1.             Untuk memberikan informasi tentang pentingnya bahasa Indonesia.
2.             Untuk mengetahui kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia












BAB II
PEMBAHASAN


A.           PENTINGNYA BAHASA
Pada masa sekarang ini makin dirasakan pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Kenyataan yang dihadapi adalah bahwa selain ahli-ahli bahasa, para ahli yang bergerak di bidang pengetahuan lainya pun semakin memperdalam ilmu di bidang teori dan praktik bahasa. Semua orang menyadari bahwa interaksi dan segala macam kegiatan dalam masyarakat akan lumpuh tanpa bahasa.
Demikian juga, melalui bahasa kebudayaan suatu bangsa dapat dibentuk, dibina dan dikembangkan serta dapat diturunkan kepada generasi masa mendatang. Dengan adanya bahasa sebagai alat komunikasi, maka semua yang ada disekitar manusia: peristiwa-peristiwa , hewan-hewan, tumbuh-tumbuhan, hasil cipta karya manusia dan sebagainya mendapat tanggapan dalam pikiran manusia, dapat disusun dan diungkapkan kembali kepada orang lain.
Dengan adanya bahasa, memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi guna menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Bahasa juga memungkinkan setiap orang untuk dapat mempelajari ilmu pengetahuan, kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan, serta latar belakangnya masing-masing.
Mengingat pentingnya bahasa , sebagai alat komunikasi dan dengan memperhatikan wujud bahasa itu sendiri, dalam tulisan ini kita membatasi pengertian bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat yang berupa simbol-simbol bunyi yang dihasilkan oleh ucapan manusia.
Mungkin ada yang mengatakan bahwa bahasa bukanlah satu-satunya alat untuk melakukan komunikasi , ada pihak yang melakukan komunikasi dengan melakukan cara-cara tertentu yang telah disepakati, tetapi harus diakui bahwa bila dibandingkan dengan bahasa , cara komunikasi yang demikian itu mengandung banyak kelemahan. Bahasa memberikan kemungkinan berkomunikasi yang lebih jauh, lebih luas , dan lebih kompleks dibandingkan dengan berkomunikasi yang memakai alat bantu lainnya. Tanpa bahasa kita akan sulit untuk mengetahui asal dan perkembangkan kebudayaan manusia yang semakin sangant kompleks dewasa ini. Menurut Faizah, Hasnah AR (2008).

B.            KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA
Menurut Munirah (2014), Bahasa Indonesia merupakan bahasa kenegaraan yang kita pakai di negara Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sebenarnya Bahasa Indonesia tidak semudah yang terlihat. Bahasa ini memiliki aturan yang cukup detail dalam pengaturan tata bahasa yang digunakan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa formal yang ditetapkan di Negara kita.
1.             Kedudukan Bahasa Indonesia
Bahasa indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1982 yang berbunyi Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional; kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah. Selain itu, di dalam Undang-Undang Dasar  1945 tercantum pasal khusus (Bab XV, Pasal 36) mengenai kedudukan bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa bahasa negara ialah bahasa Indonesia. Dengan kata lain, ada dua macam kedudukan bahasa Indonesia. Pertama, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional sesuai dengan Sumpah Pemuda 1928; kedua, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai  bahasa negara sesuai  dengan Undang-Undang Dasar 1945 Arifin, S. (1991)

2.              Fungsi Bahasa Indonesia
Menurut Moeliono (1980:15-22), di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
a.             Lambang kebanggaan kebangsaan
Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan kita.  Atas dasar kebanggaan ini, bahasa Indonesia kita pelihara dan kita kembangkan serta rasa  kebanggaan memakainya senantiasa kita bina.
b.                  Lambang identitas nasional
Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia kita junjung di samping bendera dan lambang negra kita. Di dalam melaksanakan fungsi ini  bahasa Indonesia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri pula sehingga ia serasi dengan lambang kebangsaan kita yang lain. Bahasa Indonesia dapat memiliki identitasnya hanya apabila masyarakat pemakainya membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain.
c.             Alat perhubungan antar warga, antar daerah dan antar budaya
Berkat adanya bahasa nasional, kita dapat berhubungan satu dengan yang lain sedemikian rupa sehingga kesalahpahaman sebagai akibat perbedaan latar belakang sosial budaya dan bahasa tidak perlu dikhawatirkan. Kita dapat bepergian dari pelosok yag satu ke pelosok yang lain di tanah air kita dengan hanya memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai satu-satunya alat komunikasi.
d.            Alat penyatuan berbagai suku bangsa
Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing-masing ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia
Di dalam hubungan ini, bahasa Indonesia memungkinkan berbagai suku bangsa itu mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yyang bersangkuatan. Lebih dari itu, dengan bahasa nasional itu kita dapat meletakkan kepentingan daerah atau golongan.

Menurut moeliono (1980:22-31), di dalam kedudukannya sebagai  bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai:
a.             Bahasa resmi  kenegaraan
Sebagai  bahasa resmi kenegaraan, bahasa Indonesia dipakai di dalam segala upacara, peristiwa dan kegiatan kenegaraan, baik dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tulisan. Termasuk ke dalam kegiatan-kegiatan itu adalah penulisan dokumen-dokumen dan putusan-putusan serta surat-surat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan badan-badan kenegaraan lainnya, serta pidato-pidato kenegaraan.
b.             Bahasa pengantar di dalam dunia pendidikan
Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia, kecuali di daerah-daerah seperti daerah Aceh, Batak, Sunda, Jawa, madura, Bali, dan Makassar yang menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa pengantar sampai dengan tahun ketiga pendidikan dasar.
c.             Alat  perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan  pembangunan
Di dalam hubungan dengan  fungsi ini, bahasa Indonesia dipakai bukan saja sebagai alat komunikasi timbal balik antara pemerintah dan masyarakat luas, dan bukan saja sebagai alat perhubungan antardaerah dan antarsuku, melainkan juga sebagai alat perhubungan di dalam masyarakat  yang  sama  latar  belakang sosial budaya dan bahasanya.
d.            Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi
Di dalam hubungan ini, bahasa Indonesia adalah satu-satunya alat yang memungkinkan kita membina dan mengembangkan kebudayaan nasional sedemikian rupa sehingga ia memiliki ciri-ciri dan identitasnya sendiri, yang membedakannya dari kebudayaan daerah. Pada waktu yang sama, bahasa Indonesia kita pergunakan sebagai alat untuk menyatakan nilai-nilai sosial budaya nasional kita.














BAB III
PENUTUP


A.           Kesimpulan
Bahasa adalah alat komunikasi bagi manusia, baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini merupakan fungsi dasar bahasa yang tidak dihubungkan dengan status dan nilai-nilai sosial. Setelah dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari yang di dalamnya selalu ada nilai-nilai dan status bahasa tidak dapat ditinggalkan.
Setelah mengetahui fungsi bahasa Indonesia dalam pembahasan diatas maka kita harus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari apalagi dilingkungan yang berbeda kita harus pandai menyesuaikan diri, agar kita dapat dipandang baik oleh orang lain, disamping itu sebagai calon seorang guru kita harus lebih tau tentang fungsi bahasa itu  untuk bekal mengajar peserta didik agar kemampuan berbahasa mereka lebih matang dan untuk menumbuhkansikap positif dalam berbahasa Indonesia.

B.            Saran
Penulis menyadari bahwa makalah yang disusun ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, keritik, saran dan masukan yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi baiknya penyusunan makalah berikutnya.





DAFTAR PUSTAKA

Anton M. Moeliono Dkk, (1980). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Jakarta
Arifin, S. (1991). Kamus Sastra Indonesia, Padang: Amgkasa Raya.

Faizah, Hasnah AR. (2008). Bahasa Indonesia, Cetakan Pertama. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Munirah. (2014). Bahan Ajar Bahasa Indonesia, Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.












0 komentar:

Posting Komentar

Pages

 

MBAK EKA IDRIS 1922 Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos