Senin, 09 Oktober 2017

PENGERTIAN ILMU-ILMU SOSIAL DAN STUDI SOSIAL

By Unknown di Oktober 09, 2017


1.             Pengertian Ilmu- Ilmu Sosial (Social Sciences)
Ilmu sosial ialah suatu disiplin ilmu yang meliputi seluruh aspek didalam kehidupan mulai dari sifat seseorang atau individu, interaksi antar individu, individu dengan kelompok dan interaksi antar kelompok.
Pengertian ilmu sosial dasar ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat umum dengan memakai berbagai macam pengertian seperti, fakta, konsep dan teori yang berasa dari bermacam-macam bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial, misalnya: ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial, sejarah dan lain sebagainya. Tujuan ilmu sosial dasar adalah untuk membantu perkembangan pengetahuan atau wawasan pemikiran dan juga kepribadian agar supaya mendapatkan wawasan pemikiran sosial yang lebih luas lagi. Ilmu sosial juga berfungsi untuk mempelajari interaksi timbal balik antar individu, dan cara unttuk memecahkan masalah yang timbul diantara individu, maupun kelompok. Sebab tidak mungkin dalam kehidupan ini kita sama sekali tidak memiliki masalah, dan disinilah peran ilmu sosial sangat penting, karena mengacu pada beberapa aspek seperti, moral, politik dan lain sebagainya.
A.    Beberapa contog permasalahan yang sering terjadi
Contoh masalah yang sering yang terjadi, misalnya seperti:
  1. Individu: Disaat rasa ego dari seseorang (individu) tersebut muncul saat itu juga permasalah sedang terjadi pada individu tersebut.
  2. Kelompok: Saat dimana masalah sedang terjadi lalu berimbas pada banyak orang, itulah masalah yang harus dihadapi oleh kelompok tersebut.


B.              Pengertian dari ilmu sosial menurut beberapa ahli
Pengertian ilmu sosial menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut ini:
  1. Menurut, Achmad Sanusi ~ Ilmu Sosial terdiri disiplin-disiplin ilmu pengetahuan sosial yang bertaraf akademis & biasanya dipelajari pada tingkat perguruan tinggi, makin lanjut makin ilmiah.
  2. Lalu menurut, Peter Herman~Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namuntetap merupakan sebagai satu kesatuan
  3. Dan menurut, Gross ~ Ilmu Sosial merupakan disiplin intelektual yang mempelajari manusia sebagai makluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagai anggota masyarakat & pada kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.
Dan tidak ada salahnya jika kita belajar akan berbagai hal yang ada disekeliling kita, sebab dari hal tersebut kita akan dengan mudah mempelajari setiap permasalahan dan memecahkannya dengan cara yang baik.
2.             Pengertian Studi Sosial (Social Studies)
Berikut ini akan diberikan beberapa pengertian studi social dari beberapa ilmuan Negara-negara maju seperti berikut:
1.      The committee on the Social Studies of the National Education Associaton`s and Reorganisation of Secondary Education in 1916,memberikan definisi sebagai berikut:
“those (studies) whose subject matter relates to the organisation and development of human society and to man as member of social group”(Artur C. Binning & David H.Binning,Teaching the Social Studies in secondary school 1952.New York,page.2)
Maksudnya ialah,studi sosial merupakan mata pelajaran yang menggunakan bahan ilmu-ilmu sosial untuk mempelajari hubungan manusia dalam masyarakat dan manusia sebagai anggota masyarakat.
  1. Paul Mathias,dalam bukunya The Teacher handbook for social Studies,Blandford press,London 1973,page 20-21,mengatakan:
“The study of man in society in the past,present and future.Social studies emerges as a subject of prime importance for study in school”.
Artinya,Studi sosial ialah suatu mata pelajaran manusia dalam masyarakat pada masa lalu,masa kini,dan masa yang akan datang (tekadnya pada masalah hubungan manusia).
3.      Arthur G. Binning and David H.Binning (1982) mengemukakan bahwa: Studi Sosial adalah mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan perkembangan dan organisasi masyarakat manusia dan manusia sebagai anggota dari kelompok sosial.
4.      Edgar B. Wesley (1980), mengemukakan bahwa: Studi Sosial adalah Ilmu-ilmu Sosial yang disederhanakan untuk tujuan pengajaran di sekolah.
5.      Willian B. Ragam (1982), menyatakan bahwa: Program Studi Sosial mencerminkan bahan-bahan dari berbagai ilmu Sosial, tetapi ia juga mempergunakan bahan-bahan dari masyarakat setempat.
6.      John Jarolimek (1967) menyatakan bahwa: Studi Sosial merupakan bagian dari kurikulum pendidikan dasar yang materi pelajarannya terdiri dari ilmu-ilmu social seperti; Sejarah, Geografi, Ekonimi, Antropologi, Soiologi, Politik, Psykologis Sosial bahkan termasuk Ilmu Filsafat.

1.             Studi sosial adalah:
Suatu studi tentang hubungan manusia dalam suatu keragaman pola.
1.      Esensi tujuan yang hendak dicapai adalah mengembangkan warga masyarakat yang baik (efektif),yang memiliki:
1)      ilmu pengetahuan
2)      proses-prose berfikir
3)      sejumlah keterampilan
4)      sikap-sikap dan nilai-nilai
2.      Fokusnya bertumpu pada:
1)      Interaksi hubungan manusia dengan sosian dan fiskal.
2)      hubungan manusia dengan bumi,kelembagaan dan sistem nilai.
3)      isi program IPS diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial dan sumber-sumber lainya jika diperlukan dalam unut-unit program instruksional.
3.      Kurikulum diorganisasikan sehingga meliputi:
1)      Tema-tema.
2)      topik-topik.
3)      unit-unit dalam urutan pengembangan.
4)      menggunakan suatu keragaman media dan strategi-strategi mengajar,untuk mencapai tujuan-tujuan.
5)      evaluasi yang terus-menerus pada kegiatan belajar siswa
4.    Kurikulum bertumpu pada fundasi-fundasi:
1)      disiplin ilmu sosial
2)      psikologi.
3)      historis
4)      filosofis
5.      Semua program pengajaran IPS mengacu pada dimensi-dimensi:
1)      intelektual
2)      personal.
3)      sosial.
4)      kultural.
5)      waktu dan
6)      dimensi ruang atau tempat
Dari berbagai pendapat di atas ternyata studi sosial lebih banyak menekankan hubungan  antara manusia dengan masyarakat,hubungan antara manusia dalam masyarakat,disamping hubungan manusia dengan lingkungan pisiknya.
Dengan rumusan pendapat diatas,secara umum dapatlah disimpulkan bahwa studi sosial pada hakikatnya ialah kajian mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem hidup bermasyarakat.Kajian ini dilakukan orang dalam bentuk pengajaran disekolah untuk mempersiapkan anak didik menjadi warga negara yang baik,berdasarkan nilai dan kaidah kemasyarakatan yang hidup dan berlaku.













DAFTAR PUSTAKA









0 komentar:

Posting Komentar

Pages

 

MBAK EKA IDRIS 1922 Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos