Senin, 09 Oktober 2017

SILABUS TEMATIK IPS

By Unknown di Oktober 09, 2017
SILABUS TEMATIK
TEMA : KELUARGA
KELAS / SEMESTER : 1 / 2

Mata Pelajaran

SK

KD

INDIKATOR
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Pendidikan Kewarganegaraan
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
4.1 Mengikuti tata tertib dirumah dan disekolah
4.1.1 Menjelaskan arti kewajiban
4.1.2Menyebutkan kewajiban anak di rumah
4.1.3Menyebutkan kewajiban  setiap anggota keluarga

Pengaruh musim pada kegiatan manusia
1. Melalui pengamatan siswa menyebutkan aturan yang berlaku pada sebuah keluarga.
2. Melalui diskusi sederhana yang dibimbing guru , siswa menyebutkan akibat bila tidak menaati peraturan di rumah

2 Minggu
Teknik Tes  :
1. Tes lisan
2. Tes tertulis3. Tes perbuatan


Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes


Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD, Penerbit Grafindo Media Pratama
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Mendeskripsikan lingkungan rumah
2.2 Mendeskripsikan letak rumah
2.2.1Mengidentifikasi ruang dalam rumah

2.2.2Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah

2.2.3Membuat denah rumah sederhana

Aturan yang berlaku di masyarakat
1.     Mengingat kembali nama ruangan yang  terdapat pada gambar.
2.   Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada sebuah rumah.
3.   Menempel guntingan  denah rumah yang sudah disiapkan(dari koran, tabloid atau  majalah).

Teknik Tes  :
1. Tes lisan
2. Tes tertulis3. Tes perbuatan


Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes

Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
4.2.1 Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak.
4.2.2 Mencontohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi.
4.2.3 Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik

Menjaga kebersihan rumah
1.    Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
2.   Melalui percobaan,siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
3.   Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik

Teknik Tes  :
1. Tes lisan
2. Tes tertulis3. Tes perbuatan


Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes

Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
4.6 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
4.4.1 Menjumlah 2 bilangan dua angka
4.4.2Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan sepuluh
4.4.3 Mengurangkan  bersususn 2 bilangan  satu angka

4.6.1Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
4.6.2 Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam
4.6.3 Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan


Penjumlahan dan Pengurangan
1.  Memperhatikan contoh soal pengurangan  2 bilangan 1 angka
2.  Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
3.  Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka
4.  Membahas soal secara individu  untuk

mengetahui kemampuan siswa
5.  Mengerjakan soal latihan

Teknik Tes  :
1. Tes lisan
2. Tes tertulis3. Tes perbuatan


Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes

Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

BAHASA INDONESIA
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.

Membaca
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

Menulis
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
6.1  Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah di mengerti
6.2  Melakukan percakapan  sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3  Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana.
7.1  Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2  Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
8.1  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung



Berbicara
6.1.1 Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
6.1.2 Bertanya jawab dengan teman tentang gambar-gambar tersebut
6.1.3 Menjelaskan peristiwa yang ada digambar dengan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti
6.2.1   Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru
6.2.2 Melakukan percakapan dengan salah satu teman dengan menggunakan kosakata yang benar
6.2.3   Melakukan percakapan sehari-hari dengan menggunakan kosakata yang sudah dkuasai

Membaca
7.1.1                                                                                   MMembaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7.1.2                                                                                   MMembaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
7.1.3                                                                                   MMembaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
7.2.1                                                                                   Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya



7.2.2                                                                                   MMembaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
7.2.3                                                                                   MMendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
Menulis
8.1.1                                                                                                           Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
8.1.2                                                                                                           Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
8.1.3                                                                                                           Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
8.2.1                                                                                                           MMenuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain
8.2.2                                                                                                           MMenuliskan huruf tegak bersambung secara benar
8.2.3                                                                                                           MMenyalin puisi anak dengan huruf lepas.



1.      Memerankan tokoh dongeng
2.      Membuat kalimat berdasarkan gambar.
3.      Percakapan.
4.      Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan
5.      Membaca lancar
6.      Menulis huruf tegak bersambung.

1.    Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
2.    Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya       (sesuai tema )
3.    Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
4.    Membaca wacana  dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat

Teknik Tes  :
1. Tes lisan
2. Tes tertulis3. Tes perbuatan


Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes

Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
SENI BUDAYA
Mengapresiasikan karya seni rupa
7.1  Mengidentifikasi unsur seni rupa pada benda dialam sekitar

7.1.1 Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7.1.2Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan.
7.1.3 Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan.
7.1.4 Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek


1.Unsur gerak tari.

2.Keragaman unsur gerak tari
1.      Siswa membedakan tinggi rendahnya  suatu nada.
2.      Melalui tanya jawab siswa membedakan panjang pendek suatu nada.
3.      Melalui penjelasan guru, siswa menjelaskan kembali perbedaan nada panjang dan pendek dengan benar dalam membaca nada.
4.      Membaca tangga nada dengan benar.
5.      Memperhatikan sebuah teks puisi yang disediakan guru
6.      Membaca puisi yang disediakan guru secara klasikal


Teknik Tes  :
1. Tes lisan
2. Tes tertulis3. Tes perbuatan


Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes

Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif kelas 1, Penerbit Grafindo.


0 komentar:

Posting Komentar

Pages

 

MBAK EKA IDRIS 1922 Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos