SILABUS TEMATIK
TEMA : KELUARGA
KELAS / SEMESTER : 1 / 2
Mata
Pelajaran
|
SK
|
KD
|
INDIKATOR
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
|
Teknik
|
Bentuk
|
||||||||
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
Menerapkan kewajiban anak di
rumah dan di sekolah
|
4.1
Mengikuti tata tertib dirumah dan disekolah
|
4.1.1 Menjelaskan arti kewajiban
4.1.2Menyebutkan kewajiban anak di
rumah
4.1.3Menyebutkan kewajiban setiap anggota keluarga
|
Pengaruh musim pada kegiatan manusia
|
1. Melalui pengamatan siswa menyebutkan aturan yang berlaku pada sebuah
keluarga.
2. Melalui diskusi sederhana yang dibimbing guru , siswa menyebutkan
akibat bila tidak menaati peraturan di rumah
|
2 Minggu
|
Teknik Tes :
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis3. Tes perbuatan
Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
|
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes
|
Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 1 SD, Penerbit Grafindo Media Pratama
|
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
|
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
2.2
Mendeskripsikan letak rumah
|
2.2.1Mengidentifikasi ruang dalam
rumah
2.2.2Menceritakan fungsi dari tiap
ruangan dalam rumah
2.2.3Membuat denah rumah sederhana
|
Aturan
yang berlaku di masyarakat
|
1.
Mengingat kembali
nama ruangan yang terdapat pada
gambar.
2.
Menyebutkan 5
ruangan utama yang ada pada sebuah rumah.
3.
Menempel
guntingan denah rumah yang sudah
disiapkan(dari koran, tabloid atau
majalah).
|
|
Teknik Tes :
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis3. Tes perbuatan
Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
|
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes
|
Buku Pengetahuan sosial SD
kelas 1, Penerbit Erlangga
|
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
|
Mengenal
berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda
bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
4.2.1 Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber
energi gerak.
4.2.2 Mencontohkan
listrik dan panas sebagai keguanaan energi.
4.2.3
Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang
menggunakan
energi listrik
|
Menjaga kebersihan rumah
|
1. Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan
sumber energi gerak.
2.
Melalui
percobaan,siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
3.
Melalui tanya
jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari,
panas api, panas dari listrik dan energi listrik
|
Teknik Tes :
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis3. Tes perbuatan
Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
|
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes
|
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
|
|
MATEMATIKA
|
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
|
4.4
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
4.6
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan
dua angka
|
4.4.1 Menjumlah 2
bilangan dua angka
4.4.2Menjumlah 2 bilangan dua angka,
salah satu bilangan kelipatan sepuluh
4.4.3 Mengurangkan bersususn 2 bilangan satu angka
4.6.1Menyelesaikan
soal cerita yang mengandung penjumlahan
4.6.2 Mengurangkan bilangan 2 angka
dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam
4.6.3 Menyelesaikan soal cerita yang
mengandung pengurangan
|
Penjumlahan
dan Pengurangan
|
1. Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka
2. Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
3. Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka
4. Membahas soal secara individu untuk
mengetahui kemampuan siswa
5. Mengerjakan soal latihan
|
|
Teknik Tes :
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis3. Tes perbuatan
Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
|
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes
|
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
|
BAHASA
INDONESIA
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, persaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan
sederhana dan dongeng.
Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
Menulis
permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
|
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri
sederhana dengan bahasa yang mudah di mengerti
6.2 Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu
hal atau kegiatan dengan alasan sederhana.
7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana
yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan
lafal dan intonasi yang tepat
8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan
guru dengan huruf tegak bersambung
8.2
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
Berbicara
6.1.1 Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
6.1.2 Bertanya jawab dengan teman
tentang gambar-gambar tersebut
6.1.3 Menjelaskan peristiwa yang ada
digambar dengan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti
6.2.1 Melakukan percakapan / dialog
sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru
6.2.2
Melakukan percakapan dengan salah satu teman dengan menggunakan kosakata yang
benar
6.2.3 Melakukan percakapan sehari-hari dengan
menggunakan kosakata yang sudah dkuasai
Membaca
7.1.1
MMembaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
7.1.2
MMembaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
7.1.3
MMembaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi
yang benar.
7.2.1
Membaca denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya
7.2.2
MMembaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
7.2.3
MMendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
Menulis
8.1.1
Menyalin kalimat
secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
8.1.2
Menulis kalimat
secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
8.1.3
Menuliskan kalimat
yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
8.2.1
MMenuliskan puisi
anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang
lain
8.2.2
MMenuliskan huruf tegak bersambung secara benar
8.2.3
MMenyalin puisi anak dengan huruf lepas.
|
1.
Memerankan tokoh dongeng
2.
Membuat kalimat berdasarkan gambar.
3.
Percakapan.
4.
Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan
5.
Membaca lancar
6.
Menulis huruf tegak bersambung.
|
1. Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
2. Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu
sesuai dengan konteksnya (sesuai
tema )
3. Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan
bahasa sendiri.
4. Membaca wacana
dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat
|
|
Teknik Tes :
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis3. Tes perbuatan
Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
|
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes
|
Buku Bina Bahasa Idonesia dan
Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
|
SENI
BUDAYA
|
Mengapresiasikan karya seni rupa
|
7.1 Mengidentifikasi unsur seni rupa pada benda dialam
sekitar
|
7.1.1
Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7.1.2Menyebutlkan
nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan.
7.1.3
Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya
dalam melodi yang diperdengarkan.
7.1.4
Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek
|
1.Unsur gerak tari.
2.Keragaman unsur gerak tari
|
1. Siswa membedakan tinggi rendahnya suatu nada.
2. Melalui tanya jawab siswa membedakan panjang pendek
suatu nada.
3. Melalui penjelasan guru, siswa menjelaskan kembali
perbedaan nada panjang dan pendek dengan benar dalam membaca nada.
4. Membaca tangga nada dengan benar.
5. Memperhatikan sebuah teks puisi yang disediakan guru
6. Membaca puisi yang disediakan guru secara klasikal
|
|
Teknik Tes :
1. Tes
lisan
2. Tes
tertulis3. Tes perbuatan
Instrument Tes:
1.LKS
2.Lembar observasi
|
Bentuk
Tes :
1.Objektif tes
2.Non Objektif tes
|
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif kelas 1, Penerbit Grafindo.
|
0 komentar:
Posting Komentar